Sabtu, 05 Agustus 2017

contoh Program Kerja OSIS Madrasah Al - Arqom Sarirejo

PROGRAM KERJA

ORGANISASI SISWA MADRASAH AL - ARQOM
PERIODE 2017-2018

MADRASAH TSANAWIYAH ALIYAH AL – ARQOM SARIREJO
BALEN – BOJONEGORO
(Jalan Masjid Istiqomah No. 150 Desa. Sarirejo Kec. Balen Kab. Bojonegoro)

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah S.W.T atas rahmat-Nya yang selalu menyertai kami dalam menyelasaikan penyusunan program kerja Organisasi Siswa Madrasah Al – Arqom (OSMA) Masa Bakti Tahun 2017 sampai 2018,  ini sebagai acuan dasar pelaksanaan kegiatan siswa dalam lingkungan sekolah. Program kerja ini disusun untuk mempermudah dalam pelaksanaan kegiatan berdasarkan kerangka prioritas, waktu dan dana tertentu untuk mencapai peranan organisasi sebagai wadah seluruh kegiatan siswa dalam bersekolah dan sebagai motivator yang bersifat preventif.
Kami selaku Pengurus OSMA menyadari bahwa belum semua aspirasi siswa tertampung dalam program kerja ini. Oleh karena itu, program kerja ini masih jauh dari kesempurnaan sehingga sumbangan pemikiran baik kritik maupun saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan di masa mendatang.
Akhirnya, kami sampaikan terima kasih atas bantuan dan dukungan dari semua pihak, baik fisik maupun moral dalam penyusunan program kerja ini. Semoga program kerja ini dapat membawa manfaat dalam pengembangan dan peningkatan mutu kegiatan siswa di Madrasah Tsanawiyah Aliyah Al – Arqom Sarirejo ini.




Sarirejo, 01 Agustus 2017




Penulis


           




LEMBAR PENGESAHAN
PROGRAM KERJA OSMA
MTs. MA. Al – ARQOM SARIREJO
PERIODE: 2017 - 2018



            Dengan demikian, penyusunan program kerja ini telah di periksa dan disetujui pada tanggal, ……… Agustus 2017.


Pembina OSMA                                                          Ketua OSMA




H. AH. SUPRAYITNO, S.Ag., M.Pd.I.                  DEVITA ALINDA RAHMAWATI
NIP.                                                                            NIS.


Kepala MA. AL – ARQOM Sarirejo                         Waka. Kesiswaan




Drs. H. ABD HALIM, M.Pd.I                                 MIFTAKHUR ROHMAN, S.Pd.I
NIP.                                                                            NIP.



1.         LATAR BELAKANG
Sebelum terbentuknya organisasi OSMA di Madrasah ini terdapat organisasi yang beraneka ragam bentuknya baik intern maupun ekstern. Organisasi di sekolah yang sifatnya ekstern bisa mengarah ke dalam hal-hal yang bersifat politis sehingga timbulah situasi yang tidak menguntungkan sebagai tempat yang diselenggarakannya proses belajar mengajar.
Akibat dari situasi tersebut, timbulah loyalitas ganda. Disatu pihak harus melaksanakan peraturan yang dibuat oleh sekolah, di lain pihak harus tunduk kepada organisasi yang di kendalikan dari luar.
Itulah sebabnya beberapa pimpinan organisasi sadar akan maksud dan tujuan belajar di sekolah, ingin menghindari bahaya perpecahan diantara para siswa. Mereka sepakat merintis dan mendirikan Organisasi Siswa Intra Sekolah yang sah di sekolah masing-masing. Setelah mendapat pengarahan dari pimpinan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan hingga terlaksana sampai sekarang.
Pelaksanaan kegiatan OSMA harus berpedoman pada program kerja OSMA dan AD/ART OSMA. Dalam pelaksanaannya tersebut juga diperlukan organisasi serta kerjasama yang mantap, untuk mewujudkan menjadi cita-cita dan tujuan serta sasaran OSMA sebagai wadah, motivator, dan preventif sekolah. Untuk mewujudkan koordinasi dan kerjasama yang mantap terutama bagi pihak yang terkait, maka diperlukan sutu hubungan yang baik. Mulai dari perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian serta pertanggungjawaban serta pengembangan kegiatan.
Selanjutnya program kerja disusun berdasarkan aspirasi siswa secara demokratis. Dalam program kerja tersebut digambarkan, diuraikan, dan diinterprestasikan dalam segala bentuk kegiatan OSMA. Selain program kerja digunakan sebagai pedoman OSMA, juga dapat digunakan sebagai tolak ukur dalam proses kegiatan mulai dari perencanaan sampai pertanggungjawaban dan dipergunakan sebagai pengambilan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan.

2.             LANDASAN DAN HUKUM
Penyusunan program kerja OSMA MTs. MA. AL – ARQOM Sarirejo, Periode 2017 2018 memiliki landasan sebagai berikut:
a. Landasan Idiil                        : Pancasila.
b.  Landasan Konstitusional      : UUD 1945
c. Landasan Operasional           : TrAD/ART OSIS.
Dasar Hukum dalam penyusunan program kerja OSMA Periode 2017 – 2018 adalah:
a.       UU RI No.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.
b.      UU RI No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
c.       Permen RI No.19 Tahun 2005 tentang SNP.
d.       Permendiknas RI No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
e.       Permendiknas RI No.19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
f.       Permendiknas RI No.39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan. Struktur dan Uraian Tugas Pengurus OSIS

3.             SUSUNAN KEPENGURUSAN

SUSUNAN KEPENGURUSAN
ORGANISASI SISWA MADRASAH AL – ARQOM (OSMA)
MTs. MA. Al – ARQOM SARIREJO
PERIODE: 2017 – 2018

Ketua Pembina          : 1. H. Ah. Suprayitno, S.Ag., M.Pd.I.
  2. Drs. H. Abd Halim, M.Pd.I.
Wa.Ka Pembina        : 1. Miftkhur Rohman, S.Pd.I
                                      2. M. Ainun Na’im, S.Pd.I.

Ketuaa OSMA           : Devita Alinda Rahmawati.
Wa.Ka Ketua                        : Annafidzatul Qulub.
Sekretaris                   : Fitri Kusniatin
Wa.Ka Sekretaris      : Riska Diana Fitria.
Bendahara                 : Dina Ummul K.
Wa.Ka Bendahara    : Feni Ayu Jumiati


Seksi Bidang I (Keagamaan)
            Pembimbing                : Hamid Arifin, S.Pd.I.
            Koordinator                : M. Yasirul Muhtadin.
1.      Rina Fitriana.
2.      Barirotin Athiya.
3.      St. Ulfatut Tho’ah.
4.      Nur Laili Agustina.
5.      Reni Dwiyanti.

Seksi Bidang II (Kepribadian Unggul, Kebangsaan dan Bela Negara)
            Pembimbing                : Syamsul Arifin, S.Pd.
            Koordinator                : Masrur Aziz
1.    M. Yusril Adib.
2.    Tantowi Jauhari.
3.    Nikmatul Ilmiyah.
4.    Nafi’atur Rohmah.
5.    Lailatus Sa’diyah.

Seksi Bidang III (Pembinaan Prestasi Akademik)
            Pembimbing                : Sulthonil Adzim, S.Pd.I.
            Koordinator                : M. Fadhil Al Murtadlo.
1.      Ifan Khoirul Hakim
2.      Irgi’ Fahrazi
3.      Aulia Nadia Zahro’
4.      M. Khoirur R.
5.      Lilik Mahfudhotin.

Seksi Bidang IV (Sosial dan Lingkungan Hidup)
            Pembimbing                : Rofi’udin, S.Pd.I.
            Koordinator                : Henik Azizah.
1.      Vina Mar’atus S.
2.      Rosyita Linda F.
3.      Sindi Bunga Puspita
4.      Laila Sukma Amalia
5.      Dian Novia Sari.

Seksi Bidang V (Organisasi Kaderisasi)
            Pembimbing                : Shihibul Ma’ruf, S.Pd.I.
            Koordinator                : Sri Ayu Ratna Sari
1.         Miladis Dwi Nur F.
2.         M. Hafid Al Farizqi.
3.         Selma Nuril Jannah.
4.         Nurul Mufidah.
5.         Rafii Akbar.

Seksi Bidang VI (Pembinaan Kreativitas, Keterampilan dan Kewirausahaan)
Pembimbing                : Yenik Wiyanti, S.Pd.
            Koordinator                : Anik Nur Azizah.
1.      M. Ismail Al – Zam Zami.
2.      Ana Nurul Khurriyah.
3.      Intan Nur Aini.
4.      Istiqomah.
5.      Nina Fuadatin.

Seksi Bidang VII (Pembinaan Sastra dan Budaya)
Pembimbing                : Miftah, S.Ag.
            Koordinator                : Ah. Roriq Budiono.
1.      Fahmi Fahrudin.
2.      Nurul Ju’atul Lailatul M.
3.      Farida Alfi R.
4.      Hasyim Muzakki.
5.      Yulia Tanzilah.

Seksi Bidang VIII (Teknologi Informasi)
Pembimbing                : Zainul Anam, S.HI
            Koordinator                : Agus Imam Zubaidi.
1.      Citra Salsabila R.
2.      M. Syaiful Habib.
3.      Rizki Nur Diansyah.
4.      Faridatul Ashfiyah.

4.            PENYUSUNAN PROGRAM KERJA
Program kerja yang dibuat harus mencerminkan aspirasi dan kebutuhan anggota. Program kerja OSMA Periode 2017-2018 disusun melalui tahap-tahap sebagai berikut :
a.       Penampungan aspirasi dari anggota.
b.     Musyawarah pengurus tentang penyusunan program kerja OSMA.
c.      Pengajuan dan pengesahan program kerja OSMA.
Adapun program kerja OSIS terdiri dari:
a.      Program kerja 8 seksi bidang.
b.      Sasaran umum program kerja 8 seksi bidang.
c.      Program kerja jangka pendek.
d.     Program kerja jangka panjang.

5.            PROGRAM KERJA OSMA PERIODE 2017-2018
Dalam suatu organisasi, setiap pengurus mempunyai tugas dan program kerja yang harus dilaksanakan sebaik mungkin. Adapun tugas dan program kerja tersebut adalah sebagai berikut:
a.             Ketua Osma
Tugas dan program kerja Ketua OSIS adalah sebagai berikut:
1.      Memimpin organisasi dengan baik dan bijaksana.
2.     Mengkoordinasikan semua aparat kepengurusan.
3.     Menetapkan kebijaksanaan yang telah dipersiapkan dan direncanakan oleh aparat kepengurusan.
4.     Memimpin rapat.
5.     Menetapkan kebijaksanaan dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat.
6.     Setiap saat mengevaluasi kegiatan aparat kepengurusan.
7.     Menyusun rencana kerja.
8.      Melaksanakan kegiatan yang sudah ada.
9.     Mengkoordinir kegiatan ekstrakulikuler.
10.                      Menjalin komunikasi dengan sekolah lain.
11.                      Bertanggung Jawab terhadap Pembina OSMA.
b.             Wakil Ketua Osma
Tugas dan program kerja Wakil Ketua OSMA adalah sebagai berikut:
1.      Bersama-sama Ketua menetapkan kebijaksanaan.
2.     Memberikan saran kepada Ketua dalam rangka mengambil keputusan.
3.     Menggantikan Ketua jika berhalangan.
4.     Membantu Ketua dalam melaksanakan tugasnya.
5.     Mengaktifkan kegiatan ekstrakulikuler.
6.     Wakil Ketua bersama-sama dengan Wakil Sekretaris mengkoordinasi seksi bidang.
7.     Melaksanakan program kerja OSMA.
8.     Bertanggung jawab kepada Ketua.
c.              Sekretaris I
Tugas dan program kerja Sekretaris I adalah sebagai berikut:
1.      Memberi saran atau masukan kepada Ketua dalam mengambil keputusan.
2.     Mendampingi Ketua dalam memimpin setiap rapat.
3.     Menyiapkan, mendistribusikan, dan menyimpan surat serta arsip yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan.
4.     Menyiapkan laporan, surat, agenda dan hasil rapat serta evaluasi kegiatan.
5.     Bersama Ketua menandatangani setiap surat.
6.     Bertanggung jawab atas tertib administrasi organisasi.
7.     Bertindak sebagai notulis dalam rapat atau diserahkan kepada Wakil Sekretaris.
8.     Membantu Ketua OSMA dalam pembuatan program kerja.
9.     Melaksanakan program OSMA.
10.                      Bertanggung jawab terhadap Ketua OSMA.
d.             Sekretaris II
Tugas dan program kerja Sekretaris II adalah sebagai berikut:
1.      Aktif membantu pelaksanaan tugas sekretaris.
2.     Menggantikan Sekretaris jika Sekretaris berhalangan.
3.     Membantu Wakil Ketua mengkoordinir seksi bidang.
e.              Bendahara I
Tugas dan program kerja Bendahara I adalah sebagai berikut:
1.      Bertanggung jawab dan mengetahui segala pemasukan/ pengeluaran yang diperlukan.
2.     Bersama Ketua menyusun anggaran belanja organisasi.
3.     Membuat tanda bukti kwitansi setiap pemasukan/ pengeluaran untuk pertanggung jawaban.
4.     Bertanggung jawab atas inventaris dan pembendaharaan.
5.     Menyampaikan laporan keuangan secara berkala.
6.     Melaksanakan program OSMA.
7.     Bertanggung jawab terhadap Ketua OSMA.
f.              Bendahara II
Tugas dan program kerja Bendahara II adalah sebagai berikut:
1.      Aktif membantu pelaksanaan tugas Bendahara.
2.     Menggantikan Bendahara jika Bendahara berhalangan.
3.     Bersama bendahara membantu Ketua menyusun anggaran belanja organisasi
g.             Ketua Koordinator Seksi Bidang
Tugas dan program kerja Ketua Koordinator Seksi Bidang adalah sebagai berikut:
1.      Bertanggung jawab atas seluruh kegiatan bidang yang menjadi tanggung jawabnya.
2.     Melaksanakan kegiatan bidang yang telah diprogramkan.
3.     Memimpin rapat bidang.
4.     Menetapkan kebijaksanaan bidang dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat.
5.     Menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan bidang kepada masing-masing koordinator seksi bidang.
6.     Bertanggung jawab kepada Ketua OSMA.
h.             Seksi Bidang
Tugas dan program kerja setiap seksi bidang berbeda-beda. Adapun tugas dan program kerja setiap seksi bidang antara lain sebagai berikut:
1.      Seksi Bidang I (Keagamaan)
a.         Melaksanakan ibadah sesuai dengan ketentuan agama masing-masing.
b.        Memperingati hari-hari besar agama.
c.         Mengadakan kegiataan bakti sosial yang bersifat keagamaan.
d.        Mengadakan lomba-lomba yang bersifat keagamaan.
e.         Mengadakan infaq dan ta’ziah.
f.         Membina toleransi kehidupan antar umat beragama.
g.        Mengembangkan dan memberdayakan kekuatan keagamaan di sekolah.
h.        Membuat laporan kegiatan.
2.      Seksi Bidang II (Kepribadian Unggul, Kebangsaan dan Bela Negara)
a.        Memelihara kelestariaan dan keindahan lingkungan sekolah.
b.       Melaksanakan tatanan kehidupan yang berjiwa Pancasila.
c.        Melaksanakan tata krama siswa.
d.       Memberikan contoh yang baik kepada seluruh siswa.
e.        Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah.
f.         Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tata krama pergaulan.
g.       Menumbuh kembangkan kesadaran untuk rela berkorban terhadap sesama.
h.       Menumbuh kembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah.
i.         Melaksanakan kegiatan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kedamaian dan kerindangan.
j.         Membudayakan senyum, salam, sapa, sopan, dan santun
k.       Melaksanakan perlombaan antar kelas atau sekolah.
l.         Melaksanakan kegiatan bela Negara.
m.    Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan.
n.       Memperingati (upacara) hari – hari nasional.
o.       Membuat laporan kegiatan.
3.     Seksi Bidang III (Pembinaan Prestasi Akademik)
a.       Melaksanakan tata tertib sekolah.
b.      Mengadakan perlombaan mata pelajaran antar kelas.
c.       Meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
d.      Melaksanakan latihan dasar kepemimpinan bagi siswa.
e.       Membuat Wall Magazine (karya tulis, lukis, gambar untuk mengisi madding).
f.       Membuat English Club.
g.      Mengadakan English Day.
h.      Menyelenggarakan lomba olahraga.
i.        Menyelenggarakan festival dan lomba seni.
j.        Mengaktifakan prestasi di bidang olahraga.
k.      Mengadakan pertandingan persahabatan dengan sekolah lain.
l.        Melaksanakan kegiatan kepramukaan.
m.    Melaksanakan training motivasi belajar siswa.
n.      Mengikuti dan Melaksanakan program kehumasan , keprotokolan, dan jurnalistik
o.      Membuat laporan kegiatan.
4.      Seksi Bidang IV (Sosial dan Lingkungan Hidup)
a.       Melaksanakan bakti sosial.
b.      Mengadakan penanaman tanaman obat keluarga di lingkungan sekolah..
c.       Mengadakan sosialisasi mengenai lingkungan hidup
d.      Mengadakan Lomba Kebersihan Kelas.
e.       Menariki tanaman dari siswa baru.
f.       Memperingati Hari Sejuta Pohon 10 Januari dan Hari Sampah 21 Februari.
5.      Seksi Bidang V (Organisasi Kaderisasi)
a.         Memantapkan dan mengembangkan program organisasi.
b.        Melaksanakan latihan dasar kepemimpinan bagi siswa.
c.         Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan professional.
d.        Menetapkan dan mengembangkan program kegiatan OSMA.
e.         Mengikuti pelatihan kepemimpinan politik.
f.         Membentuk Forum komunikasi OSMA/OSIS sekabupaten.
g.        Membentuk dan mengikuti lomba debat siswa.
h.        Membentuk dan Mengikuti Kemah Bhakti OSMA.
i.          Melaksanakan evaluasi program OSMA setiap triwulan.
j.          Melaksanakan pemilu OSMA.
k.        Melaksanakan pelantikan OSMA.
l.          Mengaktifkan berbagai kegiatan ekstrakulikuler
m.      Membuat laporan kegiatan.
6.      Seksi Bidang VI (Pembinaan Kreativitas, Keterampilan dan Kewirausahaan)
a.         Membuat keterampilan dengan barang bekas.
b.        Membuat dan menjalankan usaha koperasi siswa dan unit produksi.
c.         Meningkatkan kreatifitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa.
d.        Membantu seluruh seksi bidang dalam kegiatan setiap acara yang berhubungan dengan siswa.
e.         Mengadakan pelatihan keterampilan siswa kerja sama dengan dinas terkait.
f.         Mengadakan Bazar dan Pameran.
g.        Membuat laporan kegiatan.
7.      Seksi Bidang VII (Pembinaan Sastra dan Budaya)
a.         Menyelenggarakan berbagai macam pelatihan seni dan budaya.
b.        Menyelenggarakan berbagai macam pentas seni.
c.         Menyelenggarakan lomba-lomba seni dan budaya.
d.        Menyelenggarakan sanggar berbagai macam seni.
e.         Mengkordinir kegiatan OSMA.
f.         Menyelenggarakan acara kesenian di sekolah.
g.        Mengadakan Teacher Award.
h.        Mensukseskan acara pelepasan siswa kelas XII.
i.          Mengembangkan perminan-permainan tradisional.
j.          Membentuk kelompok paduan suara.
k.        Membentuk kelompok hadrah, pemain band dan marcing band siswa.
l.          Mengembangkan kelompok Habsy dan berjanji.
m.      Pengadaan dan perawatan alat-alat seni.
n.        Mendokumentasikan hasil karya seni siswa.
o.        Membuat laporan kegiatan.
8.      Seksi Bidang VIII (Teknologi Informasi)
a.       Menyediakan atau menyiapkan sarana di bidang Teknologi dan Komunikasi dalam kegiatan OSMA.
b.      Mengadakan lomba pembuatan desain logo kelas.
c.       Mengaktifkan kembali blog OSMA.
d.      Membuat data kehadiran rapat pengurus OSMA.
e.       Mengadakan seminar kesekretariatan.
f.       Membuat laporan kegiatan.
 
6.            PROGRAM KERJA JANGKA PENDEK
Program kerja jangka pendek dibuat untuk mewujudkan koordinasi yang matang antar seksi bidang, pelayanan yang optimal terhadap anggota dan pembagian tugas yang merata.
Program kerja jangka pendek dari seluruh seksi bidang antara lain:
a.       Mengadakan sholat wajib berjamaah.
b.      Mengadakan infaq masjid.
c.        Mengadakan kegiatan keputrian.
d.       Mengadakan pengamanan dan penertiban berseragam.
e.       Mempersiapkan perangkat upacara.
f.       Memantau latihan rutin ekstrakulikuler PRAMUKA
g.      Membuat dan Meningkatkan usaha koperasi siswa
h.      Memasang kotak saran
i.        Mengadakan dan Memantau latihan ekstrakulikuler PMR
j.        Membantu terlaksananya lomba kebersihan antar kelas
k.      Mengadakan wall magazine.
7.             PROGRAM KERJA JANGKA PANJANG
Program kerja jangka panjang dibuat untuk mewujudkan koordinasi yang matang antar seksi bidang, pelayanan yang optimal terhadap anggota dan pembagian tugas yang merata.
Program kerja jangka panjang dari seluruh seksi bidang antara lain:
a.      Mengadakan Istighosah
b.      Mengadakan buka bersama bulan Ramadhan
c.      Mengadakan pesantren kilat bulan Ramadhan
d.     Mengadakan Halal Bihalal
e.      Mengadakan penyembelihan hewan qurban
f.       Mengadakan peringatan hari besar keagamaan
g.      Mengadakan upacara pada hari besar nasional
h.     Mengadakan peringatan hari besar Kartini
i.       Melakukan bakti sosial
j.       Melakukan pelantikan pengurus ekstrakulikuler
k.     Mengikuti perlombaan ekstrakulikuler
l.       Mengikuti pertandingan persahabatan
m.  Mengadakan senam bersama untuk siswa baru
n.     Membantu terlaksananya kegiatan LDKM
o.     Mengikuti perlombaan kesenian
p.     Melaksanakan sertijab pengurus OSMA

8.            PERATURAN OSMA
Peraturan dalam OSMA dibuat agar perngurus OSMA dapat menjadi contoh dari siswa dan siswi lainnya agar mentaati ketertiban dan kedisiplinan terhadap peraturan di Sekolah.
Peraturan dalam OSMA tersebut antara lain:
a.      Mengutamakan kerjasama tim terbaik
b.     Dalam kegiatan tidak ada pembatas senior dan junior
c.      Harus bersikap rapih dan disiplin
d.     Menerapkan salam, senyum, sapa, sopan, dan santun
e.      ketika rapat tidak diperkenankan menggunakan HP/alat elektronik lainnya
f.       Jika ada saran, pendapat, kritik segera di bicarakan
g.     Jika telat hadir 5 menit, sanksi sesuai forum, dan (Masih dapat berubah sesuai kesepakatan forum rapat pegurus).

9.            PENUTUP
Program kerja OSMA disusun sebagai pedoman-pedoman pola yang terarah dalam koordinasi organisasi siswa. Program kerja ini didasarkan pada upaya pemecahan setiap hambatan dan permasalahan yang terjadi dengan menetapkan arah kebijaksanaan sebagai landasan program kerja sehingga dalam rangka mengoptimalkan pencapaian tujuan dan misi organisasi yang hendak dicapai aparat kepengurusan, perlu ditetapkan prioritas sasaran program kerja.
Adapun prioritas sasaran tersebut berfungsi sebagai kesimpulan program kerja yang harus mewarnai setiap pelaksanaan program. Prioritas itu tertuang dalam AD/ART OSMA 2017/2018. Adapun isi dari AD/ART OSMA Periode 2017/2018 sebagai berikut :
a.       Mendukung terwujudnya siswa-siswi yang menjunjung tinggi nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME, nilai patriotisme dan kepribadian serta budi pekerti yang luhur.
b.     Turut membentuk kader pengurus OSMA yang berjiwa kritis dan reformis.
c.      Mewujudkan koordinasi lintas sektoral dan antar kegiatan OSMA.
Begitu kompleksnya permasalahan dan hambatan yang kami hadapi dengan program kerja OSMA ini. Namun keberhasilan sangat relatif dan amat ditentukan oleh tenaga terampil yang ada. Akhirnya kami adalah hanya manusia yang hanya bisa untuk berusaha dan berdoa, namun pada akhirnya hanyalah Tuhan yang menentukan. Semoga dengan tersusunnya program kerja Organisasi Siswa Madrasah Al – Arqom (OSMA) MTs. MA. Al – Arqom SArirejo ini dapat terlaksana secara optimal dan dapat memberikan guna dan manfaat bagi perkembangan almamater tercinta.



4 komentar: