ORGANISASI
SISWA MADRASAH AL - ARQOM
PERIODE 2017-2018
MADRASAH TSANAWIYAH ALIYAH AL –
ARQOM SARIREJO
BALEN – BOJONEGORO
(Jalan Masjid Istiqomah No. 150
Desa. Sarirejo Kec. Balen Kab. Bojonegoro)
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah S.W.T atas
rahmat-Nya yang selalu menyertai kami dalam menyelasaikan penyusunan program
kerja Organisasi Siswa Madrasah Al – Arqom (OSMA) Masa Bakti Tahun 2017 sampai
2018, ini sebagai acuan dasar
pelaksanaan kegiatan siswa dalam lingkungan sekolah. Program kerja ini disusun
untuk mempermudah dalam pelaksanaan kegiatan berdasarkan kerangka prioritas,
waktu dan dana tertentu untuk mencapai peranan organisasi sebagai wadah seluruh
kegiatan siswa dalam bersekolah dan sebagai motivator yang bersifat preventif.
Kami selaku Pengurus OSMA menyadari bahwa belum semua
aspirasi siswa tertampung dalam program kerja ini. Oleh karena itu, program
kerja ini masih jauh dari kesempurnaan sehingga sumbangan pemikiran baik kritik
maupun saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan di
masa mendatang.
Akhirnya, kami sampaikan terima kasih atas bantuan dan
dukungan dari semua pihak, baik fisik maupun moral dalam penyusunan program
kerja ini. Semoga program kerja ini dapat membawa manfaat dalam pengembangan
dan peningkatan mutu kegiatan siswa di Madrasah Tsanawiyah Aliyah Al – Arqom
Sarirejo ini.
Sarirejo,
01 Agustus 2017
Penulis
LEMBAR
PENGESAHAN
PROGRAM KERJA OSMA
MTs. MA. Al – ARQOM SARIREJO
PERIODE: 2017 - 2018
Dengan
demikian, penyusunan program kerja ini telah di periksa dan disetujui pada
tanggal, ……… Agustus 2017.
Pembina OSMA Ketua OSMA
H. AH. SUPRAYITNO, S.Ag., M.Pd.I. DEVITA ALINDA RAHMAWATI
NIP. NIS.
Kepala MA. AL – ARQOM Sarirejo Waka. Kesiswaan
Drs. H. ABD HALIM, M.Pd.I MIFTAKHUR
ROHMAN, S.Pd.I
NIP. NIP.
1.
LATAR BELAKANG
Sebelum
terbentuknya organisasi OSMA di Madrasah ini terdapat organisasi yang beraneka
ragam bentuknya baik intern maupun ekstern. Organisasi di sekolah yang sifatnya
ekstern bisa mengarah ke dalam hal-hal yang bersifat politis sehingga timbulah
situasi yang tidak menguntungkan sebagai tempat yang diselenggarakannya proses
belajar mengajar.
Akibat
dari situasi tersebut, timbulah loyalitas ganda. Disatu pihak harus
melaksanakan peraturan yang dibuat oleh sekolah, di lain pihak harus tunduk
kepada organisasi yang di kendalikan dari luar.
Itulah
sebabnya beberapa pimpinan organisasi sadar akan maksud dan tujuan belajar di
sekolah, ingin menghindari bahaya perpecahan diantara para siswa. Mereka
sepakat merintis dan mendirikan Organisasi Siswa Intra Sekolah yang sah di
sekolah masing-masing. Setelah mendapat pengarahan dari pimpinan Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan hingga terlaksana sampai sekarang.
Pelaksanaan
kegiatan OSMA harus berpedoman pada program kerja OSMA dan AD/ART OSMA. Dalam
pelaksanaannya tersebut juga diperlukan organisasi serta kerjasama yang mantap,
untuk mewujudkan menjadi cita-cita dan tujuan serta sasaran OSMA sebagai wadah,
motivator, dan preventif sekolah. Untuk mewujudkan koordinasi dan kerjasama
yang mantap terutama bagi pihak yang terkait, maka diperlukan sutu hubungan
yang baik. Mulai dari perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan dan
pengendalian serta pertanggungjawaban serta pengembangan kegiatan.
Selanjutnya
program kerja disusun berdasarkan aspirasi siswa secara demokratis. Dalam
program kerja tersebut digambarkan, diuraikan, dan diinterprestasikan dalam
segala bentuk kegiatan OSMA. Selain program kerja digunakan sebagai pedoman
OSMA, juga dapat digunakan sebagai tolak ukur dalam proses kegiatan mulai dari
perencanaan sampai pertanggungjawaban dan dipergunakan sebagai pengambilan
kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan.
2.
LANDASAN DAN HUKUM
Penyusunan program kerja OSMA MTs.
MA. AL – ARQOM Sarirejo, Periode 2017 – 2018 memiliki landasan sebagai
berikut:
a. Landasan Idiil : Pancasila.
b. Landasan Konstitusional : UUD 1945
c. Landasan Operasional : TrAD/ART OSIS.
Dasar Hukum dalam penyusunan program
kerja OSMA Periode
2017 – 2018 adalah:
a. UU RI No.20 Tahun 2003 tentang
Sisdiknas.
b. UU RI No.14 Tahun 2005 tentang Guru
dan Dosen.
c. Permen RI No.19 Tahun 2005 tentang
SNP.
d. Permendiknas RI No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
e. Permendiknas RI No.19 Tahun 2007
tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah.
f. Permendiknas RI No.39 Tahun 2008
tentang Pembinaan Kesiswaan. Struktur dan Uraian Tugas Pengurus OSIS
3.
SUSUNAN KEPENGURUSAN
SUSUNAN KEPENGURUSAN
ORGANISASI
SISWA MADRASAH AL – ARQOM (OSMA)
MTs. MA. Al – ARQOM SARIREJO
PERIODE: 2017 – 2018
Ketua Pembina :
1. H. Ah. Suprayitno, S.Ag., M.Pd.I.
2. Drs. H. Abd Halim, M.Pd.I.
Wa.Ka Pembina :
1. Miftkhur Rohman, S.Pd.I
2. M. Ainun Na’im, S.Pd.I.
Ketuaa OSMA :
Devita Alinda Rahmawati.
Wa.Ka Ketua :
Annafidzatul Qulub.
Sekretaris :
Fitri Kusniatin
Wa.Ka Sekretaris :
Riska Diana Fitria.
Bendahara :
Dina Ummul K.
Wa.Ka Bendahara :
Feni Ayu Jumiati
Seksi Bidang I (Keagamaan)
Pembimbing : Hamid Arifin, S.Pd.I.
Koordinator : M. Yasirul Muhtadin.
1. Rina Fitriana.
2. Barirotin Athiya.
3. St. Ulfatut Tho’ah.
4. Nur Laili Agustina.
5. Reni Dwiyanti.
Seksi Bidang II (Kepribadian Unggul,
Kebangsaan dan Bela Negara)
Pembimbing : Syamsul Arifin, S.Pd.
Koordinator : Masrur Aziz
1. M. Yusril Adib.
2. Tantowi Jauhari.
3. Nikmatul Ilmiyah.
4. Nafi’atur Rohmah.
5. Lailatus Sa’diyah.
Seksi Bidang III (Pembinaan Prestasi
Akademik)
Pembimbing : Sulthonil Adzim, S.Pd.I.
Koordinator : M. Fadhil Al Murtadlo.
1. Ifan Khoirul Hakim
2. Irgi’ Fahrazi
3. Aulia Nadia Zahro’
4. M. Khoirur R.
5. Lilik Mahfudhotin.
Seksi Bidang IV (Sosial dan
Lingkungan Hidup)
Pembimbing : Rofi’udin, S.Pd.I.
Koordinator : Henik Azizah.
1. Vina Mar’atus S.
2. Rosyita Linda F.
3. Sindi Bunga Puspita
4. Laila Sukma Amalia
5. Dian Novia Sari.
Seksi Bidang V (Organisasi
Kaderisasi)
Pembimbing : Shihibul Ma’ruf, S.Pd.I.
Koordinator : Sri Ayu Ratna Sari
1.
Miladis
Dwi Nur F.
2.
M.
Hafid Al Farizqi.
3.
Selma
Nuril Jannah.
4.
Nurul
Mufidah.
5.
Rafii
Akbar.
Seksi Bidang VI (Pembinaan
Kreativitas, Keterampilan dan Kewirausahaan)
Pembimbing :
Yenik Wiyanti, S.Pd.
Koordinator : Anik Nur Azizah.
1. M. Ismail Al – Zam Zami.
2. Ana Nurul Khurriyah.
3. Intan Nur Aini.
4. Istiqomah.
5. Nina Fuadatin.
Seksi Bidang VII (Pembinaan Sastra
dan Budaya)
Pembimbing :
Miftah, S.Ag.
Koordinator : Ah. Roriq Budiono.
1. Fahmi Fahrudin.
2. Nurul Ju’atul Lailatul M.
3. Farida Alfi R.
4. Hasyim Muzakki.
5. Yulia Tanzilah.
Seksi Bidang VIII (Teknologi
Informasi)
Pembimbing :
Zainul Anam, S.HI
Koordinator : Agus Imam Zubaidi.
1. Citra Salsabila R.
2. M. Syaiful Habib.
3. Rizki Nur Diansyah.
4. Faridatul Ashfiyah.
4.
PENYUSUNAN PROGRAM KERJA
Program
kerja yang dibuat harus mencerminkan aspirasi dan kebutuhan anggota. Program
kerja OSMA Periode 2017-2018 disusun
melalui tahap-tahap sebagai berikut :
a.
Penampungan aspirasi dari anggota.
b.
Musyawarah pengurus tentang penyusunan program kerja
OSMA.
c.
Pengajuan dan pengesahan program kerja OSMA.
Adapun program kerja OSIS terdiri
dari:
a.
Program kerja 8 seksi bidang.
b.
Sasaran umum program kerja 8 seksi bidang.
c.
Program kerja jangka pendek.
d.
Program kerja
jangka panjang.
5.
PROGRAM KERJA OSMA PERIODE 2017-2018
Dalam suatu organisasi, setiap pengurus mempunyai tugas dan program kerja
yang harus dilaksanakan sebaik mungkin. Adapun tugas dan program kerja tersebut
adalah sebagai berikut:
a.
Ketua Osma
Tugas dan program kerja Ketua OSIS
adalah sebagai berikut:
1. Memimpin organisasi dengan baik dan
bijaksana.
2.
Mengkoordinasikan
semua aparat kepengurusan.
3.
Menetapkan
kebijaksanaan yang telah dipersiapkan dan direncanakan oleh aparat kepengurusan.
4.
Memimpin
rapat.
5.
Menetapkan
kebijaksanaan dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat.
6.
Setiap
saat mengevaluasi kegiatan aparat kepengurusan.
7.
Menyusun
rencana kerja.
8.
Melaksanakan kegiatan yang sudah ada.
9.
Mengkoordinir
kegiatan ekstrakulikuler.
10.
Menjalin
komunikasi dengan sekolah lain.
11.
Bertanggung
Jawab terhadap Pembina OSMA.
b.
Wakil Ketua Osma
Tugas dan
program kerja Wakil Ketua OSMA adalah sebagai berikut:
1. Bersama-sama Ketua menetapkan
kebijaksanaan.
2.
Memberikan
saran kepada Ketua dalam rangka mengambil keputusan.
3.
Menggantikan
Ketua jika berhalangan.
4.
Membantu
Ketua dalam melaksanakan tugasnya.
5.
Mengaktifkan
kegiatan ekstrakulikuler.
6.
Wakil
Ketua bersama-sama dengan Wakil Sekretaris mengkoordinasi seksi bidang.
7.
Melaksanakan
program kerja OSMA.
8.
Bertanggung
jawab kepada Ketua.
c.
Sekretaris I
Tugas dan program kerja Sekretaris I
adalah sebagai berikut:
1. Memberi saran atau masukan kepada
Ketua dalam mengambil keputusan.
2.
Mendampingi
Ketua dalam memimpin setiap rapat.
3.
Menyiapkan,
mendistribusikan, dan menyimpan surat serta arsip yang berhubungan dengan
pelaksanaan kegiatan.
4.
Menyiapkan
laporan, surat, agenda dan hasil rapat serta evaluasi kegiatan.
5.
Bersama
Ketua menandatangani setiap surat.
6.
Bertanggung
jawab atas tertib administrasi organisasi.
7.
Bertindak
sebagai notulis dalam rapat atau diserahkan kepada Wakil Sekretaris.
8.
Membantu
Ketua OSMA dalam pembuatan program kerja.
9.
Melaksanakan
program OSMA.
10.
Bertanggung
jawab terhadap Ketua OSMA.
d.
Sekretaris II
Tugas dan program kerja Sekretaris II
adalah sebagai berikut:
1. Aktif membantu pelaksanaan tugas
sekretaris.
2.
Menggantikan
Sekretaris jika Sekretaris berhalangan.
3.
Membantu
Wakil Ketua mengkoordinir seksi bidang.
e.
Bendahara I
Tugas dan program kerja Bendahara I
adalah sebagai berikut:
1. Bertanggung jawab dan mengetahui
segala pemasukan/ pengeluaran
yang diperlukan.
2.
Bersama
Ketua menyusun anggaran belanja organisasi.
3.
Membuat
tanda bukti kwitansi
setiap pemasukan/ pengeluaran
untuk pertanggung jawaban.
4.
Bertanggung
jawab atas inventaris dan pembendaharaan.
5.
Menyampaikan
laporan keuangan secara berkala.
6.
Melaksanakan
program OSMA.
7.
Bertanggung
jawab terhadap Ketua OSMA.
f.
Bendahara II
Tugas dan program kerja Bendahara II
adalah sebagai berikut:
1. Aktif membantu pelaksanaan tugas
Bendahara.
2.
Menggantikan
Bendahara jika Bendahara berhalangan.
3.
Bersama
bendahara membantu Ketua menyusun anggaran belanja organisasi
g.
Ketua Koordinator Seksi Bidang
Tugas dan program kerja Ketua
Koordinator Seksi Bidang adalah sebagai berikut:
1. Bertanggung jawab atas seluruh
kegiatan bidang yang menjadi tanggung jawabnya.
2.
Melaksanakan
kegiatan bidang yang telah diprogramkan.
3.
Memimpin
rapat bidang.
4.
Menetapkan
kebijaksanaan bidang dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat.
5.
Menyampaikan
laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan bidang kepada masing-masing
koordinator seksi bidang.
6.
Bertanggung
jawab kepada Ketua OSMA.
h.
Seksi
Bidang
Tugas dan program kerja setiap seksi
bidang berbeda-beda. Adapun tugas dan program kerja setiap seksi bidang antara
lain sebagai berikut:
1.
Seksi Bidang I (Keagamaan)
a.
Melaksanakan
ibadah sesuai dengan ketentuan agama masing-masing.
b.
Memperingati
hari-hari besar agama.
c.
Mengadakan
kegiataan bakti sosial yang bersifat keagamaan.
d.
Mengadakan
lomba-lomba yang bersifat keagamaan.
e.
Mengadakan infaq dan ta’ziah.
f.
Membina
toleransi kehidupan antar umat beragama.
g.
Mengembangkan
dan memberdayakan kekuatan keagamaan di sekolah.
h.
Membuat
laporan kegiatan.
2.
Seksi Bidang II (Kepribadian Unggul,
Kebangsaan dan Bela Negara)
a.
Memelihara
kelestariaan dan keindahan lingkungan sekolah.
b.
Melaksanakan
tatanan kehidupan yang berjiwa Pancasila.
c.
Melaksanakan
tata krama siswa.
d.
Memberikan
contoh yang baik kepada seluruh siswa.
e.
Melaksanakan
tata tertib dan kultur sekolah.
f.
Melaksanakan
norma-norma yang berlaku dan tata krama pergaulan.
g.
Menumbuh
kembangkan kesadaran untuk rela berkorban terhadap sesama.
h.
Menumbuh
kembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah.
i.
Melaksanakan
kegiatan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan,
kedamaian dan kerindangan.
j.
Membudayakan senyum, salam, sapa,
sopan, dan santun
k.
Melaksanakan
perlombaan antar kelas atau sekolah.
l.
Melaksanakan
kegiatan bela Negara.
m.
Mempelajari
dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para
pahlawan.
n.
Memperingati
(upacara) hari – hari nasional.
o.
Membuat
laporan kegiatan.
3.
Seksi Bidang III (Pembinaan Prestasi
Akademik)
a. Melaksanakan tata tertib sekolah.
b. Mengadakan perlombaan mata pelajaran
antar kelas.
c. Meningkatkan mutu pendidikan di
sekolah.
d. Melaksanakan latihan dasar
kepemimpinan bagi siswa.
e. Membuat Wall Magazine (karya tulis, lukis, gambar untuk
mengisi madding).
f. Membuat English
Club.
g. Mengadakan
English Day.
h. Menyelenggarakan lomba olahraga.
i.
Menyelenggarakan
festival dan lomba seni.
j.
Mengaktifakan
prestasi di bidang olahraga.
k. Mengadakan pertandingan persahabatan
dengan sekolah lain.
l.
Melaksanakan kegiatan kepramukaan.
m. Melaksanakan
training motivasi belajar siswa.
n. Mengikuti dan
Melaksanakan program kehumasan , keprotokolan, dan jurnalistik
o. Membuat laporan kegiatan.
4.
Seksi Bidang IV (Sosial dan
Lingkungan Hidup)
a. Melaksanakan bakti sosial.
b. Mengadakan
penanaman tanaman obat keluarga di lingkungan sekolah..
c. Mengadakan sosialisasi mengenai
lingkungan hidup
d. Mengadakan Lomba Kebersihan
Kelas.
e. Menariki tanaman dari siswa
baru.
f. Memperingati Hari Sejuta Pohon
10 Januari dan Hari Sampah 21 Februari.
5.
Seksi Bidang V (Organisasi
Kaderisasi)
a.
Memantapkan
dan mengembangkan program organisasi.
b.
Melaksanakan
latihan dasar kepemimpinan bagi siswa.
c.
Melaksanakan
kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan professional.
d.
Menetapkan dan mengembangkan program
kegiatan OSMA.
e.
Mengikuti pelatihan kepemimpinan
politik.
f.
Membentuk Forum komunikasi OSMA/OSIS sekabupaten.
g.
Membentuk dan mengikuti lomba debat
siswa.
h.
Membentuk
dan Mengikuti Kemah Bhakti OSMA.
i.
Melaksanakan evaluasi program OSMA setiap
triwulan.
j.
Melaksanakan pemilu OSMA.
k.
Melaksanakan pelantikan OSMA.
l.
Mengaktifkan berbagai kegiatan
ekstrakulikuler
m. Membuat laporan kegiatan.
6.
Seksi Bidang VI (Pembinaan
Kreativitas, Keterampilan dan Kewirausahaan)
a.
Membuat
keterampilan dengan barang bekas.
b.
Membuat
dan menjalankan usaha koperasi siswa dan unit produksi.
c.
Meningkatkan
kreatifitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa.
d.
Membantu
seluruh seksi bidang dalam kegiatan setiap acara yang berhubungan dengan siswa.
e.
Mengadakan pelatihan keterampilan siswa
kerja sama dengan dinas terkait.
f.
Mengadakan Bazar dan Pameran.
g.
Membuat
laporan kegiatan.
7.
Seksi Bidang VII (Pembinaan Sastra
dan Budaya)
a.
Menyelenggarakan
berbagai macam pelatihan seni dan budaya.
b.
Menyelenggarakan
berbagai macam pentas seni.
c.
Menyelenggarakan
lomba-lomba seni dan budaya.
d.
Menyelenggarakan
sanggar berbagai macam seni.
e.
Mengkordinir kegiatan OSMA.
f.
Menyelenggarakan
acara kesenian di sekolah.
g.
Mengadakan Teacher Award.
h.
Mensukseskan acara pelepasan siswa
kelas XII.
i.
Mengembangkan perminan-permainan
tradisional.
j.
Membentuk kelompok paduan suara.
k.
Membentuk kelompok hadrah, pemain band dan
marcing band siswa.
l.
Mengembangkan kelompok Habsy dan
berjanji.
m. Pengadaan dan
perawatan alat-alat seni.
n.
Mendokumentasikan hasil karya seni
siswa.
o.
Membuat
laporan kegiatan.
8.
Seksi Bidang VIII (Teknologi
Informasi)
a. Menyediakan atau menyiapkan sarana di
bidang Teknologi dan Komunikasi dalam kegiatan OSMA.
b. Mengadakan
lomba pembuatan desain logo kelas.
c. Mengaktifkan kembali blog OSMA.
d. Membuat data kehadiran rapat pengurus OSMA.
e. Mengadakan seminar kesekretariatan.
f. Membuat laporan kegiatan.
6.
PROGRAM KERJA JANGKA PENDEK
Program kerja jangka pendek dibuat untuk mewujudkan koordinasi
yang matang antar seksi bidang, pelayanan yang optimal terhadap anggota dan
pembagian tugas yang merata.
Program kerja jangka pendek dari seluruh seksi bidang antara lain:
a. Mengadakan
sholat wajib berjamaah.
b. Mengadakan
infaq masjid.
c. Mengadakan kegiatan keputrian.
d. Mengadakan pengamanan dan penertiban
berseragam.
e. Mempersiapkan
perangkat upacara.
f. Memantau
latihan rutin ekstrakulikuler PRAMUKA
g. Membuat dan Meningkatkan
usaha koperasi siswa
h. Memasang kotak
saran
i.
Mengadakan
dan Memantau latihan ekstrakulikuler PMR
j.
Membantu terlaksananya lomba kebersihan
antar kelas
k. Mengadakan wall magazine.
7.
PROGRAM
KERJA JANGKA PANJANG
Program kerja jangka panjang dibuat untuk mewujudkan koordinasi
yang matang antar seksi bidang, pelayanan yang optimal terhadap anggota dan
pembagian tugas yang merata.
Program kerja jangka panjang dari seluruh seksi bidang antara lain:
a.
Mengadakan Istighosah
b.
Mengadakan buka
bersama bulan Ramadhan
c.
Mengadakan pesantren kilat bulan
Ramadhan
d.
Mengadakan Halal Bihalal
e.
Mengadakan penyembelihan hewan qurban
f.
Mengadakan peringatan hari besar
keagamaan
g.
Mengadakan
upacara pada hari besar nasional
h.
Mengadakan peringatan hari besar
Kartini
i.
Melakukan bakti sosial
j.
Melakukan pelantikan pengurus
ekstrakulikuler
k.
Mengikuti perlombaan ekstrakulikuler
l.
Mengikuti pertandingan persahabatan
m. Mengadakan
senam bersama untuk siswa baru
n.
Membantu terlaksananya kegiatan LDKM
o.
Mengikuti perlombaan kesenian
p.
Melaksanakan sertijab pengurus OSMA
8.
PERATURAN OSMA
Peraturan dalam
OSMA dibuat agar perngurus OSMA dapat menjadi
contoh dari siswa dan siswi lainnya agar mentaati ketertiban dan kedisiplinan
terhadap peraturan di Sekolah.
Peraturan dalam OSMA tersebut antara lain:
a.
Mengutamakan
kerjasama tim terbaik
b.
Dalam
kegiatan tidak ada pembatas senior dan junior
c.
Harus
bersikap rapih dan disiplin
d.
Menerapkan salam, senyum, sapa, sopan,
dan santun
e.
ketika
rapat tidak diperkenankan menggunakan HP/alat elektronik lainnya
f.
Jika
ada saran, pendapat, kritik segera di bicarakan
g.
Jika
telat hadir 5 menit, sanksi sesuai forum, dan (Masih dapat berubah sesuai kesepakatan forum rapat pegurus).
9.
PENUTUP
Program
kerja OSMA disusun sebagai pedoman-pedoman pola yang terarah dalam koordinasi
organisasi siswa. Program kerja ini
didasarkan pada upaya pemecahan setiap hambatan dan
permasalahan yang terjadi dengan menetapkan arah kebijaksanaan sebagai landasan
program kerja sehingga dalam rangka mengoptimalkan pencapaian tujuan dan misi
organisasi yang hendak dicapai aparat kepengurusan, perlu ditetapkan prioritas
sasaran program kerja.
Adapun
prioritas sasaran tersebut berfungsi sebagai kesimpulan program kerja yang
harus mewarnai setiap pelaksanaan program. Prioritas itu tertuang dalam AD/ART OSMA
2017/2018. Adapun isi dari AD/ART OSMA Periode 2017/2018 sebagai berikut :
a.
Mendukung terwujudnya siswa-siswi yang menjunjung
tinggi nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME, nilai patriotisme dan
kepribadian serta budi pekerti yang luhur.
b.
Turut membentuk kader pengurus OSMA yang berjiwa
kritis dan reformis.
c.
Mewujudkan koordinasi lintas sektoral dan antar
kegiatan OSMA.
Begitu kompleksnya permasalahan dan
hambatan yang kami hadapi dengan program kerja OSMA ini. Namun keberhasilan
sangat relatif dan amat ditentukan oleh tenaga terampil yang ada. Akhirnya kami
adalah hanya manusia yang hanya bisa untuk berusaha dan berdoa, namun pada
akhirnya hanyalah Tuhan yang menentukan. Semoga dengan tersusunnya program
kerja Organisasi Siswa Madrasah Al – Arqom (OSMA) MTs. MA. Al – Arqom SArirejo
ini dapat terlaksana secara optimal dan dapat memberikan guna dan manfaat bagi
perkembangan almamater tercinta.
boleh juga
BalasHapusokey
BalasHapusizin copas y
BalasHapusizin copas y
BalasHapus