|
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Waralaba atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan franchising
dan dalam bahasa Perancis dikenal dengan sebutan franchise
yang aslinya berarti hak atau kebebasan. Adalah hak-hak untuk menjual suatu
produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut versi Pemerintah Indonesia,
waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan
dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual ( HAKI ) atau pertemuan dari ciri
khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan
persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan
dan atau penjualan barang dan jasa. Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba
ialah Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan
pengwaralaba ( franchisor )
yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem,
prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu
tertentu meliputi area tertentu.
Sejalan dengan hal tersebut, salah
satu perusahaan waralaba yang sukses di Indonesia bahkan sampai kemancanegara
yaitu PT. Top Food Indonesia dengan
brand dagangnya yang terkenal adalah Es Teler 77.
B. Tujuan
Adapun yang
menjadi tujuan dalam makalah ini yaitu untuk mengetahui profil perusahaan waralaba / franchising
dengan merek dagang Es Teler 77.
C.
Manfaat
Dengan makalah ini diharapkan dapat memberikan
manfaat sebagai berikut:
1. Makalah ini diharapkan
menjadi salah satu bahan informasi bagi masyarakat secara umum.
2. Dapat memberikan informasi ilmiah bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha.
3.
Sebagai bahan referensi dalam melakukan usaha waralaba.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Sejarah dan Perkembangan Es Teler 77
1.
Sejarah
Siapa
yang tak kenal dengan produk es teller 77, ratusan gerainya sudah tersebar di
seluruh Nusantara. Tidak puas dengan mempertahankan pasar dalam negeri,
kini produk es teller 77 merupakan salah satu bisnis franchise makanan yang
berhasil merambah pasar internasional. Produknya sudah menjangkau pasar luar
negeri seperti Malaysia, Singapura, Australia, serta masih akan terus
dikembangkan untuk membuka gerai berikutnya di India, Jeddah dan Arab
Saudi.
Pada
tahun 1981, seorang Ibu bernama Murniati Widjaja memenangkan lomba membuat Es
Teler di Jakarta. Bermula dari lomba inilah, timbul sebuah gagasan untuk
membuka warung tenda sederhana di pelataran teras sebuah pertokoan ( Duta
Merlin, sekarang Carrefour Harmony ) di kawasan Jakarta Pusat.
Warung sederhana dengan nama Es Teler 77 ini merupakan
usaha keluarga yang ditangani langsung oleh Ibu Murniati sendiri bersama
suaminya Trisno Budijanto, anak dan mantunya, Yenny Setia Widjaja dan Sukyatno
Nugroho.
Pada
tahun 1987, Sukyatno Nugroho mewaralabakan Es Teler 77 yang dengan ini
merupakan usaha makanan cepat saji asli Indonesia pertama yang menerapkan
sistem waralaba.
Mengikuti perkembangan tren gaya
hidup pada tahun 1994, seluruh gerai Es Teler 77 dipindahkan dari kios ke Mall
dan Plasa. Kehadiran Es Teler 77 di arena pusat perbelanjaan modern ini
memperluas wawasan kuliner Indonesia, di mana Es Teler 77 memperkenalkan konsep
makanan cepat saji ( fastfood ) yang menyajikan makanan dan minuman jajanan
populer Indonesia.
Setelah
beberapa tahun kemudian Ibu Murniati Widjaja dan keluarganya mendirikan badan
usaha swasta bernama CV. Es Teler 77 yang kemudian menjadi dasar bisnis
keluarga ini. Perusahaan ini dipimpin oleh Bapak Trisno Budijanto dan dikelolah
oleh putra-putrinya. Perusahaan ini kemudian berkembang dengan membuka beberapa
cabang Es Teler 77 lainnya di wilayah Jakarta. Meskipun demikian Es Teler 77
sebagai produk lokal Indonesia seringkali mendapatkan perlakuan yang tidak adil
oleh pihak pemilik tempat atau manajemen gedung yang seringkali lebih
mementingkan perusahaan dengan merek-merek asing. Tetapi perusahaan Es teller
77 tidak pernah menyerah. Sebaliknya mereka lebih bersemangat lagi. Setiap kali
mereka harus menutup salah satu restorannya, mereka bertekad untuk membuka lima
cabang baru Es Teler 77. Dengan komitmen ini timbul ide untuk menggunakan
sistem waralaba atau franchise untuk memperluas jaringan usaha ini.
Pada
tahun 1987, cabang Es Teler 77 pertama yang dibuka oleh seorang franchise atau
mitra kerja dibuka di Solo, Jawa Tengah. Sejak itu banyak anggota masyarakat
dari berbagai kalangan yang tertarik untuk membuka Es Teler 77. Dengan
menggunakan sistem franchise ini banyak outlet-outlet baru Es Teler 77 yang
dibuka di kota-kota seluruh Indonesia. Sampai di Banda Aceh maupun Sampit pun
Es Teler 77 sudah pernah dibuka. Perkembangan ini tentunya tidak mudah tercapai
dan banyak hal-hal yang harus dipelajari oleh tim manajemen Es Teler 77.
Untungnya, tim manajemen Es Teler 77 yang dipimpin oleh Bapak Sukyatno Nugroho,
mantu tertua Ibu Murniati, siap untuk bekerja keras, terus memperbaiki dan
belajar banyak dari pengalaman-pengalaman mereka sendiri. Sampai akhirnya,
mereka sendiri pun jadi ahli dalam sistem franchise ini.
2.
Perkembangan
Dengan
dibukanya banyak outlet-outlet Es Teler 77, kebutuhan bahan-bahan baku Es Teler
77 pun meningkat. Perusahaan ini kemudian mendirikan satu dapur pusat beserta
pusat distribusinya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Fasilitas di
dapur sentral tersebut digunakan untuk membuat bahan-bahan makanan dan minuman
yang dibutuhkan oleh outlet-outlet Es Teler 77. Pusat distribusi digunakan untuk
menyimpan dan mengirim semua bahan-bahan tersebut ke outlet-outlet Es Teler 77
di seluruh Indonesia. Dengan fasilitas-fasilitas ini, Es Teler 77 dapat
menyediakan bahan-bahan kebutuhan dengan standar kualitas yang terbaik.
Dapur
sentral dan pusat distribusi yang pertama didirikan di Jakarta Barat pada tahun
1997 dan baru saja dipindahkan ke lokasi yang baru di Serpong, Tangerang dengan
fasilitas yang lebih baik.
Saat
ini outlet-outlet Es Teler 77 dapat ditemukan di pusat-pusat pertokoan di
kota-kota besar di seluruh Indonesia. Di negara lain pun Es Teler 77 sudah
dibuka dengan sukses. Di kota Penang, Malaysia, kota Melbourne, Australia dan
Singapore Es Teler 77 dibuka.
Setelah
hampir tiga dasawarsa, Es Teler 77 terus berkembang dengan menyajikan produk
makanan dan minuman dengan resep orisinil yang bermutu dan berkualitas kepada
pelanggan di pelosok Indonesia dan juga mancanegara.
Dengan
180 gerai yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, Es Teler 77 bukan
hanya meningkatkan citra makanan Indonesia di negeri sendiri tetapi juga
memperkenalkan makanan Indonesia ke mancanegara. Saat ini Es Teler 77 dapat
dikunjungi di Singapura, Malaysia dan Melbourne ( Australia ).
B.
Ekspansi Usaha Es Teler 77
Berselang 5 tahun, pada tahun 1987
sang pendiri Es Teler 77 mulai melihat potensi pengembangan bisnisnya tersebut
untuk dijadikan peluang usaha waralaba. Dan jadilah pada tahun itu juga,
franchise Es Teler 77 yang pertama kali dibuka oleh member pertama yang
berdomisili di Solo. Sejak itu mitra baru pun muncul satu per satu hingga kini
total mencapai lebih dari 200 mitra.
Menjalani pengelolaan waralaba
memang bukan perkara yang mudah. Tuntutan untuk menyediakan bahan makanan yang
bermutu dan terjamin mengharuskan pengelola membangun sebuah dapur bahan yang
khusus menyiapkan bahan makanan untuk di distribusikan ke semua mitra Es Teler
77 di seluruh nusantara. Dapur bahan Es Teler 77 akhirnya dibangun pertama kali
di daerah Jakarta Barat namun karena kekurangan lokasi akhirnya dibuat dapur
yang lebih besar di daerah Serpong hingga saat ini.
Tidak hanya itu, saat ini Es Teler
77 juga telah membuka gerainya di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura,
Australia serta yang paling baru yaitu di Arab dan India. Salah satu misi yang
bawa oleh Es Teler 77 adalah juga memperkenalkan kuliner asli Indonesia
ke kancah internasional.
Saat ini usaha Es Teler 77
yang bernaung dibawah bendera perusahaan PT. Top Food Indonesia telah menjadi
salah satu perusahaan franchise kuliner terbaik dan terbesar di Nusantara
dengan keuntungan mencapai miliaran rupiah perbulannya. Bahkan Es Teler
77 pernah mendapatkan penghargaan Life Time Achivement Award 2012 dalam
gelaran Indonesia Franchise Conference 2013.
C.
Visi – Misi Es Teler 77
1. Visi :Menjadikan
mitra kerja Produksi dan Distribusi yang berkualitas kuat, handal dan terpercaya dalam melayani seluruh kegiatan usaha cabang Es Teller 77 di Indonesia maupun Mancanegara.
2. Misi : - Menyediakan Produk dan Barang yang
berkualitas,
- Menyediakan Produk dan Barang yang
mencukupi,
- Menyediakan Produk dan Barang yang tepat
waktu,
- Menyediakan Produk dan Barang dengan harga
yeng bersaing,
- Memberikan layanan
Distribusi yang memuaskan,
- Mendukung pengembangan usaha Es Teler 77.
D.
Kunci Sukses Es Teler 77
Bersamaan dengan perkembangan bisnisnya, pada tahun 2007 Sukyatno kembali ke hadapan Yang Maha
Esa. Kesederhanaan dan kerja kerasnya dalam mengembangkan usaha, kini
dilanjutkan oleh salah satu anaknya yaitu Andrew Nugroho selaku direktur PT.
Top Food Indonesia. Berkat komitmen para pengelola bisnis ini, sekalipun menghadapi
persaingan dagang yang cukup ketat dengan bisnis franchise makanan asing maupun
franchise lokal yang saat ini banyak bermunculan. Es teller 77 terus berusaha
untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumennya. Ini dibuktikan
dengan adanya inovasi baru dari es teler 77 yang mengenalkan menu makanan
terbarunya antara lain gado – gado, rujak buah, mie kangkung, dan nasi goreng
buntut. Andrew sengaja mempertahankan menu tradisional yang tidak asing bagi
lidah orang Indonesia, agar masyarakat yang masuk pertokoan masih bisa
menemukan menu tradisional yang mereka gemari.
Disamping itu, untuk meningkatkan
loyalitas konsumen terhadap es teler 77, Andrew juga memberikan fasilitas kartu
member bagi para pelanggannya. Dengan kartu klub juara yang diluncurkannya,
pelanggan berhak memperoleh diskon makanan dan minuman yang ada di seluruh
gerai es teler 77.
Atas kerja keras dan perjuangan
keluarga Sukyatno dalam mengembangkan bisnisnya, berbagai penghargaan pun
pernah diterimanya. Kesuksesan es teller 77 dalam mengembangkan bisnis
franchisenya, menjadi motivasi besar bagi semua orang. Semoga kisah profil
pengusaha sukses es teler 77, dapat menjadi inspirasi bagi calon pengusaha
maupun para pengusaha yang sedang merintis bisnisnya.
E.
Penghargaan / Reward Es Teler 77
Meskipun menghadapi kompetisi yang ketat
terutama dengan merek - merek fast - food asing, Es Teler 77 terus berkembang
karena Es Teler 77 memiliki tekad dan komitmen untuk terus memberikan yang
terbaik kepada pelanggannya.
Atas keberhasilannya Es Teler 77 telah mendapatkan berbagai penghargaan, antara lain :
Atas keberhasilannya Es Teler 77 telah mendapatkan berbagai penghargaan, antara lain :
• 10 Nop 2000
|
Enterprise 50 Award dari Andersen Consulting (sekarang Accenture) dan
SWA majalah bisnis.
|
• 09 Feb 1999
|
Sukyatno Nugroho tercatat sebagai orang yang
memecahkan Rekor Indonesia terbanyak di Indonesia oleh Museum Rekor
Indonesia.
|
• 21 Des 1998
|
Sukyatno Nugroho mendapatkan gelar Doktor (honoris
causa) dari American World University, Iowa, USA, dengan thesis berjudul
“Look Globally but Think and Act Locally”.
|
• 13 Okt 1998
|
Penghargaan Parama
Boga Nugraha dari Menteri Pangan dan Hortikultur Indonesia.
|
• 12 Feb 1998
|
“Recession Marketing of the Month Markplus Strategic
Forum” dari MarkPlus.
|
• 26 Agust 1995
|
Asean Best Executive 95-96 kepada Sukyatno Nugroho dan Yenny Setia Widjaja.
|
• 12 Juli 1995
|
Satya Lencana Pembangunan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia, Soeharto.
|
F.
Es Teler 77 sebagai usaha Franchising
Es Teler 77 memberikan kesempatan kepada anda yang ingin berwiraswasta melalui
sistem kerjasama yang menarik dan fair. Sistem waralaba kami sudah berjalanan
lebih dari 20 tahun, sehingga hampir semua gerai kami dibuka dengan sistem
waralaba. Didukung dengan manajemen yang kuat sehingga di tahun 2009
mendapatkan penghargaan dari Majalah Info Franchise Indonesia dan Asosiasi
Franchise Indonesia sebagai Top Franchise ASEAN 2009 dan The Best in Franchise
Support, Indonesia Franchisor of the Year 2009.
Founded : 1982
|
Industry : Restaurant
|
Contact : Es Teler 77
Waralaba
|
|
Phone : 021-5822456
|
Fax : 021-5822456
|
Address : Blok M Plaza
220, Jakarta, Indonesia
|
|
Estimated Investment :
Rp. 250 – 500 Million
|
kami sudah berjalanan lebih dari 20 tahun, sehingga hampir semua gerai kami
dibuka dengan sistem waralaba. Didukung dengan manajemen yang kuat sehingga di
tahun 2009 mendapatkan penghargaan dari Majalah Info Franchise Indonesia dan
Asosiasi Franchise Indonesia sebagai Top Franchise ASEAN 2009 dan The Best in
Franchise Support, Indonesia Franchisor of the Year 2009.
Franchise Investment
Franchise Fee : Rp
75.000.000,-
Franchise Term : 5 years
Estimated initial
investment (excluding franchise fee) : Rp 350.000.000,-
This amount varies
according to the condition and the area of the shop space.
This investment will cover shop fitting and decoration,
kitchen equipments, dining tables and chairs etc.
Other
Fees
Royalty : 4 %
Marketing : 2 %
Staff Training
- 1 week at Es Teler 77
Training Centre
- 3 months at an Es
Teler 77 outlet
Location : Preferably in
a Mal, Shopping Centre, Supermarket
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pada
tahun 1981, Bermula dari lomba, timbul sebuah gagasan untuk membuka warung
tenda sederhana di pelataran teras sebuah pertokoan. Pada tahun 1987, Sukyatno
Nugroho mewaralabakan Es Teler 77 yang dengan ini merupakan usaha makanan cepat
saji asli Indonesia pertama yang menerapkan sistem waralaba. Mengikuti perkembangan tren gaya hidup pada tahun 1994,
seluruh gerai Es Teler 77 dipindahkan dari kios ke Mall dan Plasa.
Saat ini usaha Es Teler 77
yang bernaung dibawah bendera perusahaan PT. Top Food Indonesia telah menjadi
salah satu perusahaan franchise kuliner terbaik dan terbesar di Nusantara
dengan keuntungan mencapai miliaran rupiah perbulannya. Bahkan Es Teler
77 pernah mendapatkan penghargaan Life Time Achivement Award 2012 dalam
gelaran Indonesia Franchise Conference 2013.
Es Teler 77 memberikan kesempatan kepada anda yang ingin berwiraswasta
melalui sistem kerjasama yang menarik dan fair. Sistem waralaba kami sudah
berjalanan lebih dari 20 tahun, sehingga hampir semua gerai kami dibuka dengan
sistem waralaba. Didukung dengan manajemen yang kuat sehingga di tahun 2009
mendapatkan penghargaan dari Majalah Info Franchise Indonesia dan Asosiasi
Franchise Indonesia sebagai Top Franchise ASEAN 2009 dan The Best in Franchise
Support, Indonesia Franchisor of the Year 2009.
B.
Saran
Penyusun
berharap kepada pembaca untuk menyimak, mempelajari dan menggunakan makalah
”Profl Usaha Es Teler 77“ sebagai motivasi dan menjadi referensi kepada pembaca
dalam melakukan kegiatan usaha disektor pertanian. Akhirnya
penyusun sadari sepenuhnya bahwa makalah yang kami susun jauh dari
kesempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat
penulis harapkan. Terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam
menyelesaikan makalah ini.
DAFTAR
PUSTAKA
Anonymous.
( 2014 ). http://id.wikipedia.org/wiki/Waralaba. Di Akses
tanggal 21 Januari 2015. Pukul. 14.13. WITA
Anonymous.
( 2014 ). https://www.maxmanroe.com/es-teler-77-peluang-usaha- resto-kuliner-indonesia.html. Di Akses tanggal 21 Januari 2015.
Pukul. 14.15. WITA.
Anonymous.
( 2014 ). http://www.esteler77.com/index.php. Di Akses tanggal
21 Januari
2015. Pukul. 15.00 WITA.
Anonymous.
( 2010 ). Profil Pengusaha Sukses Es
Teler 77.http://bisnisukm. Com /profil-pengusaha-sukses-es-teler-77.html.
Di Akses tanggal 21 Januari 2015. Pukul
15.20 WITA.
Puput
P Siddiq . ( 2012 ). Sejarah Perkembangan
Es Teler 77. http://bigsiddiq. blogspot
.com/2012/11/v-behaviorurldefaultvmlo.html. Di Akses tanggal 21 Januari 2015.
Pukul 15.20 WITA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar